Mau Bisnis Fashionmu Terlihat Keren? Yuk, Coba Tips Foto Produk Ini

Tips Cara Foto Produk Fashion

Kalau kamu berbisnis fashion secara online, foto menjadi hal penting yang dapat menjadi pembeda apakah bisnis kamu akan sukses atau tidak. Bagi calon pembeli, foto yang menarik akan menggoda mereka untuk segera memesan produk kamu.

Apakah fotografi produk harus selalu mahal? Ternyata nggak juga, lho. Tips-tips berikut ini bisa kamu ikuti, jika kamu bukan fotografer profesional dengan alat-alat mahal tapi ingin dapat hasil foto produk yang memuaskan:

  1. Rapikan Pakaian Terlebih Dahulu

Produk kamu harus terlihat dalam kondisi terbaiknya saat difoto. Kerutan dan lipatan dapat mengurangi keindahan dari pakaian. Ada baiknya untuk menyetrika terlebih dahulu pakaian sebelum difoto.

  1. Siapkan Studio Fotomu

Jika produk yang akan kamu foto belum terlalu banyak, kamu bisa menggunakan ruangan apapun yang tersedia sebagai studio foto sementara. Siapkan juga kamera, tripod, kertas putih untuk backdrop, lakban, dan lampu ataupun pencahayaan natural.

  1. Posisi Lighting

Kalau kamu memakai sumber cahaya alami dari matahari, letakkan produkmu dekat jendela agar mendapatkan cahaya tidak langsung namun seimbang. Namun, kalau kamu menggunakan cahaya dari lampu, letakkan sumber cahaya dan softbox pada sudut 45 derajat dari produk. Hal ini dimaksudkan agar cahaya yang terpapar pada produk terkesan lembut.

Jika produk diletakkan terlalu dekat dengan background, kemungkinan akan timbul bayangan.  Jika itu terjadi, cukup coba jauhkan sedikit dari background hingga bayangan tersebut hilang dan kamu mendapatkan latar belakang yang bersih.

  1. Pakaikan Produk pada Manekin atau Model

Yup, untuk mendapatkan hasil foto pakaian yang terbaik memang disarankan untuk menggunakan manekin atau model. Penggunaan manekin atau model dimaksudkan agar pelanggan mendapatkan gambaran apakah potongan pakaian tersebut cocok untuk tubuh mereka atau tidak.

Menyewa model memang pilihan terbaik, karena mereka menghidupkan pakaian yang dikenakan. Tapi, harga sewa model yang bisa dibilang mahal dapat menjadi kendala bagi yang nggak mempunyai modal yang besar. Menggunakan manekin adalah alternatif terbaik selain menggunakan model. Kalau pakaian yang dikenakan pada manekin terlihat terlalu besar, kamu bisa menjepit bagian belakang pakaian, sehingga bagian depan akan terlihat pas di foto.

  1. Atur Settingan Kamera

Kalau kamu salah dalam men-setting kamera, maka akan dibutuhkan usaha lebih dalam mengedit foto kamu nantinya, dan itu pun tidak akan menjamin hasilnya akan lebih baik. Karenanya, pastikan dari awal setting-an kamera kamu tepat. Coba pelajari aspek-aspek dari kamera, seperti ISO, aperture, dan white balance sebelum mengambil foto produk.

Untuk ISO, disarankan agar tidak menggunakan ISO lebih dari 600-640. ISO yang lebih tinggi kemungkinan akan menimbulkan “noise”. Sementara, untuk setting-an aperture yang disarankan adalah lebih tinggi dari f/11, sehingga seluruh aspek dari produk akan mendapat fokus.

  1. Shoot!

Ya, setelah semuanya dipersiapkan, ini saatnya kamu mengambil gambar. Arahkan kamera kamu ke produk, tahan setengah saat tekan tombol shutter agar kamera mencari fokus, setelah itu langsung tekan penuh tombol shutter. Lihat hasilnya, dan pelajari apakah komposisi dan pencahayaannya sudah tepat. Jika sudah tepat, ulangi beberapa kali dengan berbeda sudut, sehingga calon pelanggan dapat melihat detail produk kamu.

  1. Post-production

Tujuan dari tahap ini adalah agar gambar yang telah dihasilkan terlihat profesional saat ditampilkan di website. Di era digital seperti sekarang, banyak software yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik gambar kamu. Beberapa hal yang kamu bisa lakukan pada tahap ini, antara lain: kesejajaran (alignment), pemotongan gambar, menghilangkan background, dan koreksi warna.

Nah, setelah foto siap, kamu dapat mengunggahnya di website ataupun sosial media dari toko online kamu. Membuat foto produk memang tidak mudah untuk dipelajari dalam waktu cepat. Namun, bagaimapanun juga, pengalaman adalah guru terbaik. Jadi, terus coba sampai dapatkan hasil yang terbaik, ya!

Untuk konsultasi dan pemesanan jasa jahit bisa langsung download App Kostoom atau hubungi nomor WA Kamila di bawah ini ya :

Download Our App :
https://tinyurl.com/kostoom

Kamila (WA/Call) :
087885620515 (bit.ly/KostoomTanya)
082267103465 (bit.ly/KostoomHaloo)

Instagram (IG) :
https://instagram.com/kostoom

Ada ratusan penjahit yang siap membantu Anda

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Hi Kostoomer! Please Chat with Me to ask anything about kostoom.

Chat