Bingung Harus Cari Penjahit Konveksi, Garmen, atau Tailor? Ini Perbedaannya

Konveksi, garmen, maupun tailor berada dalam satu ranah kegiatan yang sama, yaitu menjahit bahan-bahan tekstil menjadi produk pakaian. Namun, kamu tahu nggak bedanya? Dari segi skill dan kompetensi yang dibutuhkan memang nggak terlalu beda. Tapi dari sistem kerja, skala produksi, dan jenis produk bisa kita lihat perbedaannya.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan yang Kamila rangkum dari berbagai sumber:

Tailor

Tailor merupakan jenis layanan jahit skala satuan yang ekslusif, artinya setiap produk tailor ukurannya disesuaikan dengan ukuran tubuh si pemesan. Layanan jahit ini lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas produk yang dihasilkan. Makanya, nggak heran harga dari produk dan layanan ini mulai dari ratusan ribu hingga puluhan jutaan Rupiah.

Jika pun tailor mengerjakan produk “massal”, biasanya merupakan pesanan desainer profesional dan cuma dipasarkan secara ekslusif di toko-toko sekelas butik. Layanan jahit jenis ini pas untuk kamu yang ingin menjahit pakaian untuk acara-acara khusus, kayak kebaya elegan untuk wisuda ataupun jas keren untuk ke kondangan mantan. Hehe.

Konveksi

Konveksi biasanya dimulai sebagai industri skala kecil. Seseorang dapat memulai bisnis konveksi mereka dengan hanya tiga sampai empat mesin jahit terlebih dahulu. Bisnis jahit skala konveksi biasanya mengerjakan produksi skala menengah hingga besar, dari puluhan hingga ribuan produk per model.

Pakaian yang biasa dijahit dalam skala konveksi yaitu kaos, seragam, kemeja, jaket, celana, dan sebagainya. Pada jahit skala konveksi, ukuran biasanya mengikuti standard ukuran baku (S, M, L, XL, dsb.) yang telah disepakati dengan jumlah minimum tertentu. Karena harganya yang cukup kompetitif dan minimum order yang cukup terjangkau, jahit konveksi cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis di bidang fashion, memerlukan menjahit seragam skala kecil dan sedang, ataupun pengusaha fashion yang ingin mempunyai banyak model dalam jumlah sedikit dengan harga terjangkau.

Garmen

Kalau ngebayangin jahit sekelas garmen, yang kamu pikirkan pasti pekerjaan membuat pakaian skala pabrik dengan ratusan hingga ribuan pekerja. Yup, kamu nggak salah. Sebuah pabrik garmen dapat mengerjakan ribuan hingga ratusan ribu produk yang sama dalam satu masa produksi. Biasanya produk-produk dari pabrik garmen dipasarkan di pasaran luas melalui department store, mall, supermarket, bahkan diekspor ke luar negeri.

Manajemen produksi pada pabrik garmen biasanya sudah tertata rapi dengan menerapkan metode CMT (Cut, Make, and Trim). Setiap divisi produksi hanya mengerjakan pekerjaan pokoknya masing-masing, yaitu potong bahan, jahit, ataupun finishing. Pabrik garmen biasanya hanya fokus untuk mengerjakan satu jenis produk saja, misal garmen khusus kaos, garmen khusus kemeja, ataupun garmen khusus jaket.

Berminat untuk konsultasi dan pemesanan jahitan? Yuk, langsung download App Kostoom atau hubungi nomor WA Kamila di bawah ini ya :

Download Our App :
https://tinyurl.com/kostoom

Kamila (WA/Call) :
087885620515 (bit.ly/KostoomTanya)
082267103465 (bit.ly/KostoomHaloo)

Instagram (IG) :
https://instagram.com/kostoom

Ada ratusan penjahit yang siap membantu kamu

 

(Panji)

Related Posts

Hi Kostoomer! Please Chat with Me to ask anything about kostoom.

Chat